Jumat, 27 Januari 2017

In Memoriam Oma

Dulu tiap mendekati sincia ak.a tahun baru cina gw happy banget kr bakal dapat angpao, makan2 enak dan ketemu keluarga besar tapi sejak tahun lalu sincia buat gw bukan lagi 3 hal itu tapi lebih ke arah mengenang orang tersayang.. Yup tahun 2016 oma gw meninggal di malam sincia, paginya kita masih saling bagi2 angpao walaupun tidak dalam suasana happy ya karna oma masih di ICU, jd cpt2 habis acara bagi angpao kita cuss ke RS buat ketemu oma. Di ICU gw sempet liat oma gw mulai membaik, bisa merespon klo dipanggil dan sempet senyum pas gw kenalin ke olive, yoaa dari olive lahir oma gw belum sempet ketemu makany pas denger oma gw jatuh dr tangga dan masuk ICU gw pengen banget pulang, bukan pesimis tp lebih ke arah pasrah soalny klo orang tua udh jatuh dr tangga 50 % bisa sembuh ...klo sembuh puji tuhan banget tp klo ndk ya kita pasrah. Jadiny gw bawalah olive ke bali buat jenguk oma gw untungnya sempet ngeliat oma gw masih sadar karna habis itu kesehatan oma gw menurun trs smp akhirny meninggal. 

Saat dapat kabar oma gw ndk ada gw baru aja sampai di rumah iik gw di baturiti dan rencana mao nidurin olive, habis dapat telp dari nyokap gw cm bisa bengong aja sampai budi akhirny yang take over beresin olive. Walaupun ya gw udh rela tp tetep aja rasanya kek dihantam keras dikepala smp berasa bego gw dan semalaman itu gw ma budi ndk bs tidur nungguin nyokap ma iik gw pulang buat ambil barang2 oma. Orang2 liat gw paling mikir gw ndk sayang ma oma gw karna gw ndk nangis sama sekali, bukan ndk sayang ya tapi gw malah sayang banget ma oma gw sampai saking sedihny gw ndk bisa nangis sama sekali, malah gw mikir klo oma or nyokap gw meninggal kekny gw lebih sedih oma gw yang meninggal karna gw lebih lama hidup ma oma gw di bali disaat nyokap kerja di pulau tetangga. 

Arti oma buat gw segala2nya, karna dari kecil gw udh hidup ma oma gw di bali jadi dia menggantikan peran orang tua buat gw disaat ortu gw cerai dan nyokap kerja di jakarta...sebagai pengganti orang tua buat gw ma cici gw oma gw bukanlah orang tua yang sempurna karna dia juga sibuk ma tokonya dan ngurus om gw yang lg sakit tapi ditengah kesibukannya oma gw masih memperhatikan pendidikan gw, teman2 gw dan hidup gw bahkan masih sempet ikut gw nonton serial meteor garden hahhahah *oma gaul*. . .

Banyak prinsip hidup yang gw pegang semua berasal dari oma gw ni, seperti gw punya prinsip hanya akan menikah dengan cowok yang seagama nahhh itu juga karna pengaruh oma gw...Dia bilang klo cari suami better yang seagama dalam artian pondasi awal udh sama sisanya seperti sifat dan kebiasaan bisa dipelajari sambil jalan, lalu oma gw jg selalu menekankan jadi seorang cewek itu harus mandiri dan kalau bisa menghasilkan sendiri jadi ndk terlalu tergantung ma suami dalam penghasilan tapi tetep harus memperhatikan keluarga dulu. Hal hal seperti ini ndk pernah jadi bahan pembicaraan gw ke nyokap jadi ya hubungan gw ma nyokap memang tidak sebagus orang lain tp bukan bermasalah ya cuma kami anehnya tidak bisa ikrib lah jadi gw lebih banyak cerita ke oma or ke iik gw yang gw rasa lebih bisa nyambung. 

Oma gw ini type yang bawel banget dan semua harus dikerjakan dengan cepat saat itu juga dan diantara ke 4 cucunya hanya gw satu2nya cucu yang suka bantah apa kata oma gw tp gw jg teman terbaik oma gw saat lagi ngegosip hahhahah tiap gw pulang bali waktu gw habis di toko nemenin oma gw jaga toko sambil ngobrol ngalur ngidul or jajan bareng dan untungny budi type yang mao di ajak diem di toko aja ngobrol. Dan oma gw ni hafal banget kesukaan gw yaitu krupuk, jadi sehari sebelum gw datang ke bali oma gw udh sibuk goreng krupuk ma emping buat gw makan tp klo gw tanya ndk pernah mao ngaku dia dan selalu bilang itu pembantu yang suka goreng krupuk hahhaha padahal iik gw cerita oma pas denger lu mao ke bali udh sibuk mao masak ni itu trus harus goreng krupuk dan di simpenin khusus buat gw biar ndk dimakan ma yang lain hahhahaha. 

Aahh rasanya cepat sekali waktu berlalu sekarang aja oma udh 1th pergi meninggalkan kita semua, udah ndk ada yang brisik subuh2 ngomelin mbak2 di rumah, udh ndk ada lagi yang bisa di godain klo ke bali dan ndk ada lagi telp di waktu yang random dari oma wlpn isiny cuma nanyain kabar dan ngegosip. Mira sayang banget ma oma dan mira masih sangat menyesal belum bisa bikin oma bahagia, semoga oma sekarang udh bahagia di sana ma opa dan kita di sini semua baik2 aja. 

Foto terakhir saat gw nikah, masih sehat masih lincah juga



4 komentar:

  1. Wah, sincianya jadi ada memory yang kurang asik ya Mir. Tapi ngga apa-apa Mir. Gue tuh selalu ngerasa kalau orang udah tua banget dan jatoh, lalu akhirnya sakit parah kelamaan, itu penderitaan berat juga buat dianya, fisik dan mental. Kalau sekarang dia udah gak sakit lagi. Cuma memang yang di dunia lebih brasa kehilangan. Selamat tahun baru Imlek ya, Mir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy ci awalny berat banget tp mikir lg oma udh tua dan drpd dia tersiksa lama2 ma sakitnya ya udhlah direlakan aja hehehhe
      thx u ci selamat tahun baru imlek jg ci

      Hapus
  2. deuh sedih bacanya, terharu sama oma yg baik hati dan perhatian sama cici walau gk mau ditunjukkin :)

    Happy CNY ya ci mira dan keluarga, gong xi fa cai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaha Iy nie...sedih bgt pas baru kehilangan gini
      thx u nie

      Hapus

Ur comment make me happy friend ^___^